
Pemerintah Kota Probolinggo secara resmi meluncurkan dua inovasi pelayanan publik yaitu Aplikasi GO POINT dan Layanan MPP Drive Thru di MPP
Penandatanganan kerja sama
Probolinggo, Rabu(4/5) —
Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu
Satu Pintu (DPMPTSP) secara resmi meluncurkan dua inovasi pelayanan publik
yaitu Aplikasi GO POINT (Probolinggo Potential Opportunity and Investment) dan
Layanan MPP Drive Thru di Mal Pelayanan Publik (MPP). Peluncuran ini bertepatan
dengan momentum 100 hari kerja Wali Kota dr. Aminuddin dan Wakil Wali Kota Ina
Dwi Lestari.
Aplikasi GO POINT merupakan inovasi berbasis digital untuk memudahkan akses informasi potensi dan peluang investasi di Kota Probolinggo. Sedangkan layanan MPP Drive Thru dirancang untuk memberikan kemudahan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) serta pengambilan dokumen kependudukan seperti KTP dan KK, langsung dari kendaraan tanpa harus turun.
Selain dua inovasi tersebut,
turut dilakukan penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kota Probolinggo
dan Pengadilan Negeri Probolinggo mengenai integrasi layanan peradilan di MPP.
Penandatanganan ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Mellina Nawang Wulan
dan Wali Kota dr. Aminuddin. Layanan ini memungkinkan masyarakat mengurus surat
keterangan yang berkaitan dengan proses hukum langsung di MPP tanpa perlu antre
di kantor pengadilan.
“Dengan kerja sama ini, kita
memperkuat sinergi lintas sektor untuk memberikan kemudahan layanan publik. MPP
menjadi pusat layanan terintegrasi dengan partisipasi berbagai instansi
vertikal seperti Polres, Kejaksaan Negeri, dan kini Pengadilan Negeri,” ujar
dr. Aminuddin dalam sambutannya.
Dalam acara ini, turut diperkenalkan juga Klinik UMKM yang berada di dalam MPP sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha kecil. Klinik ini menyediakan layanan penerbitan identitas usaha, program UMKM Amanah, hingga fasilitasi sertifikasi halal untuk menunjang daya saing ekonomi kerakyatan.
Sekretaris DPMPTSP, Purwantoro
Noviyanto, menyampaikan bahwa inovasi ini bertujuan meningkatkan pelayanan yang
cepat, mudah, transparan, dan akuntabel. GO POINT dikembangkan berbasis web GIS
untuk mendukung promosi dan percepatan investasi. Sementara itu, layanan drive
thru menjadi bentuk pelayanan ramah masyarakat dalam era modern.
“Kami terus berkomitmen
memperkuat kolaborasi lintas sektor dan memastikan seluruh layanan publik di
MPP dapat berjalan prima, profesional, dan berintegritas,” tutup Purwantoro.
Kegiatan ini dihadiri oleh
berbagai perangkat daerah, instansi vertikal, serta perwakilan perusahaan yang
berkomitmen untuk memajukan Kota Probolinggo sebagai kota layanan publik unggul
dan ramah investasi.